Monday, February 18, 2013

Tutorial DIY Panda Pouch for Myuchi

Hola fellas! Udah lama nggak diupdate, maklum kemaren abis liburan semester bawaannya kepengen guling-guling di kasur terus. Tapi liburnya kali ini cuma 2 minggu aja dan ini libur semester terakhir sebagai mahasiswa (amin). Sedih sih ya, tapi life must go on. Kita harus mencapai cita-cita setinggi mungkin. Halah.
Selama liburan aku nggak cuma guling-guling aja lho. Karena di rumah udah ada mesin jahit kerjaannya bikin-bikin melulu. Hehe. Nah salah satu request yang baru kesampean dibikinin sekarang adalah panda pouch pesenan Myuchi. Gampang kok bikinnya :D
Bahan-bahan yang disiapkan :
- Kain blacu
- Kain motif
- Flanel hitam
- Benang jahit hitam dan benang nilon putih
- Busa
- Karet elastis
- Kancing
- Cinta (optional, hahahaha)

1. Pertama-tama potong kain blacu, dan flanel membentuk pola di bawah ini. Ukurannya disesuaikan sama gede handphonenya masing-masing ya. Karna Hp Myuchi ukurannya 12x7,5x1cm aku pake ukuran blacu 27x11cm. Dari mana? Ya kira-kira aja hehe. Kalo panjangnya dari panjang Hp dikali 2 plus tebel Hp ditambah masing-masing sisi 2 cm untuk jahitan. Lebarnya didapat dari lebar Hp ditambah tebel Hp plus masing-masing sisi 1 cm. Karena dalamnya nanti dikasih busa, lebihin 0,5 cm. Begitupun dengan kain motif. Untuk busa, bagian atasnya nggak usah dilebihin. Jadi ukurannya 24x11cm


2. Tempel pola flanel pada kain blacu hingga membentuk muka panda yang diinginkan

3. Jahit dengan tusuk feston bagian mata, telinga, dan ekor panda

4. Gambar pola untuk hidung panda di antara kedua mata panda, lalu sulam dengan menggunakan benang jahit hitam. Untuk bagian mata sulam bentuk lingkaran kecil dengan menggunakan benang nilon warna putih di bagian tengah lingkaran hitam.


5. Taruh busa di bagian belakang blacu lalu jahit bagian pinggirnya dengan menyisakan tepi masing-masing 1 cm.


6. Sekarang taruh kain blacu di atas kain motif. Inget posisinya saling berhadapan ya. Jadi muka panda ketemu dengan bagian depan kain motif. Nah pada saat ini jangan lupa sisipkan karet elastis di tengah kedua kain dengan menghadap ke bawah. Huhu ini aku lupa ngasih karet jadi pada akhirnya didedel lagi punyaku :/


7. Tekuk seperti gambar lalu jahit lagi pinggirnya mengikuti garis merah. Sisakan satu sisi tidak dijahit agar bisa dibalik. Setelah dibalik. Lipat bagian yang belum terjahit ke arah dalam lalu jahit bagian luarnya.


 8. Masukkan kain motif ke dalam pouch blacu. Jangan lupa jahit kancing di bagian belakang panda untuk pengait tali elastisnya. Sebagai penguat biar sambungan antara kain blacu dan kain motif bisa ditekuk bagian pinggir atasnya dijahit jelujur.


Tadaaaa... Jadilah pouch panda buat Myuchi. Agak pencong dan nggak rapi memang yah, haha. Biarin deh yang penting Myuchi seneng dan terharu.


Stepnya panjang bener ya, hehe. Tapi nggak susah kok kalo dipraktekin asal telaten aja :p
Sekian tutorial dari aku. Terimakasih.
XOXO.


4 comments :

  1. Ide yg menarik nih, akhir2 ini kerajinan kain flanel sedang melonjak,, ada keinginan untuk usahakah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh terimakasih :))
      nggak sih masih sibuk kuliah soalnya cuma suka bikin-bkin aja hehe
      sebenernya pengen sih nanti insyaallah bikin toko craft sendiri :)) amiiinnn

      Delete
    2. ya sih gpp rampungkan tugasnya dulu..
      Semoga angan2 usahanya tercapai,
      dan kalo sempet share hal2 yg bermakna di blog ini ya..

      Delete
  2. Nice share :)
    daripada blog yang isinya copas artikel doang :)

    ReplyDelete